Tingkatkan Kualitas Perpustakaan, UPT Perpustakaan UMPP Laksanakan Studi Banding

UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP) yang mengusung visi Menjadi Perpustakaan Dengan Sistem Pengelolaan Terpadu Dan Aksesibilitas Informasi Yang Handal Menuju Terwujudnya Perpustakaan UMPP Yang Unggul Di Tingkat Nasional Berdasarkan Nilai-Nilai Islam Pada Tahun 2029 melaksanakan kegiatan studi banding ke Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) dan Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS ) pada hari selasa tanggal 29 November 2022.

Kegiatan studi banding ini dilaksanakan dalam rangka persiapan UPT Perpustakaan UMPP untuk menghadapi akreditasi perpustakaan tahun 2023 sekaligus guna meningkatkan kualitas perpustakaan melalui kerjasama antar perpustakaan perguruan tinggi dalam bidang inovasi dan pengembangan perpustakaan serta pendampingan akreditasi perpustakaan.

Kunjungan Studi banding pertama UPT Perpustakaan UMPP membawa seluruh pustakawan yang berjumlah 5 orang yang dipimpin langsung oleh kepala perpustakaan Dr. Usamah, S.E,M.Si. Tujuan pertama mengunjungi Perpustakaan UNIMUS yang merupakan perpustakaan yang telah melaksanakan akreditasi perpustakaan dengan hasil “A” .

Studi banding di perpustakaan UNIMUS di isi dengan beberapa kegiatan diantaranya adalah pertama penandatangan  MOA/Memorandum of Agreement oleh kedua belah pihak. Serta kegiatan sharing pengalaman seputar persiapan dan pelaksanaan kegiatan akreditasi, kemudian dilanjutkan pelatihan inovasi layanan perpustakaan yang di presentasikan oleh perpustakaan UNIMUS.

Pada kunjungan studi banding berikutnya tim perpustakaan UMPP bergerak menuju Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang berlokasi di Jl. A. Yani Tromol Pos 1, Mendungan, Pabelan, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57102.

Kegiatan studi banding di perpustakaan UMS diawali dengan kegiatan pembukaan yang diisi dengan sambutan dari masing-masing kepala perpustakaan. Dalam sambutannya Dr. Usamah, S.E,M.Si menyampaikan bahwa perpustakaan UMPP ingin belajar banyak dari perpustakaan UMS yang dipandang sebagai perpustakaan yang selalu berinovasi dan bertranformasi mengikuti perkembangan teknologi informasi. Kemudian juga harapannya perpustakaan UMS dapat terus membimbing dan pendampingan dalam kegiatan akreditasi perpustakaan yang di rencanakan pada tahun 2023.

Acara dilanjutkan dengan penandatangan  MOA/Memorandum of Agreement oleh kedua belah pihak. Serta kegiatan sharing pengalaman seputar persiapan dan pelaksanaan kegiatan akreditasi, kemudian dilanjutkan pelatihan pengembagan perpustakaan menuju perpustakaan terakreditasi yang di presentasikan oleh perpustakaan UMS.

Kutipan Al-Quran :

"Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah pula kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi derajatnya, jika kamu orang-orang yang beriman. (Q.S. Al-Imran: 139)"

Berita Lain