Buka Pos Pelayanan Fisioterapi bagi Atlet Lari, Prodi Fisioterapi Ramaikan Petung Ultra Trail Run 2019

Ahad, 24 November 2019, bertempat di Lapangan Desa Kasimpar, Kecamatana Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, Program Sudi Sarjana Fisioterpi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP) menyelenggarakan kegiatan pelayanan fisioterapi bagi atlet lari peserta Event “Petung Ultra Trail Run 2019” yang diselenggarakan oleh Dinas Kepemudaan dan Olagraga dan Pariwista Kabupaten Pekalongan. Event ini diikuti sekitar 250 atlet lari dari pejuru daerah di Indonesia baik yang pemula maupun atlet lari yang profesional. Kegiatan pelayanan atau pendampingan fisioterapi merupakan kegiatan yang dilaksanakan atas permohonan panitia pelaksana yang ditujukan kepada Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalonga (UMPP) untuk mengadakan pendampingan serta pelayanan fisioterapi bagi atlet lari dalam event tersebut.

Event Petung Trail Run merupakan kegiatan dari Dinas Kepemudaan dan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Pekalongan yang diadakan tiap tahun, mulai dari tahun pertama kagiatan pada tahun 2017, 2018 dan sekarang 2019. Event Petung Trail Run adalah lomba lari lintas alam/trail run yang melewati tanah, hutan, sungai dan pegunungan Dieng Utara yang melewati lintasan tanjakan  maupun turunan dengan jarak tempuh 15 K, 30 K dan paling jauh adalah 50 K. Kegiatan tersebut menawarkan pengalaman berlari di alam dengan udara sega, berhawa sejuk serta pemandangan yang indah. Rute lari Ultra Petung Trail Run melewati tempat-tempat wisata di Petungkriyono, seperti Puncak Kendalisodo, Puncak Tugu, Curug Muncar, Karangsriti, dan Curug Lawe. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang di adakan tahun Ke-3 dari kegiatan Petung Trail Run.

Abdurrachman, S.Fis., M.Or, sebagai Dosen di Program Studi Sarjana Fisioterapi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP) sekaligus sebagai ketua rombongan dalam kegiatan tersebut bersama beberapa mahasiswa dari Program Studi Sarjana Fisioterapi menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya mempromosikan Unibversitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP) kepada masyarakat umum serta sebagai sarana bagi khalayah untuk lebih mengenal Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP). Disisi lain, kegiatan ini diharapkan menjadi pengalaman berharga bagi mahasiswa terutama mahasisiwa Program Studi Sarjana Fisioterapi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP) dalam peranannya di publik dan bersentuhan langsung dengan masyarakat yang membutuhkan.

Kegiatan pelayanan fisioterapi di event “Petung Ultra Trail Run 2019” adalah dalam bentuk pos Pelayanan fisioterapi UMPP dengan pelayanan fisioterapi olahraga (Sport Physiotherapy) antara lain: Relaksasi, sport massage, streching, exercise terapy, kinesiotaping, muscle rcovery, serta konsultasi fisioterapi yang diberikan ke atlet maupun masyarakat umum.

Ketua Pelaksana Event Petung Ultra Trail Run 2019, Purwo Susilo, S,STP, menyampaikan bahwa kerjasama dan peranan fisioterapi didalam kegiatan tersebut sanggat bermanfaat sekali dalam menunjang performa atlet – altel lari pada saat sebelum maupun sesudah berlomba, mengingat event ini bukan merupakan event yang melombakan lari seperti biasa melainkan lari di lintas alam dengan medan yang cukup rumit yang membuat atlet banyak mengalami cidera pasca lomba. Maka perlu pelayanan fisioterapi sebagai salah satu pelayanan yang sangat diperlukan oleh atlet untuk kondisinya. Beliau juga menyampaikan event tersebut akan tetap diadakan di tiap tahunnya dan akan terus melibatkan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan ke depannya.

Semoga dengan semakin banyaknya keiatan – kegiatan di masyarakat, Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP) dapat lebih dikenal oleh masyarakat lebih luas lagi dan peranan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP) memberikan dampak yang posistif di masyarakat.

Kutipan Al-Quran :

Dan jikalau Kami jadikan Al Quran itu suatu bacaan dalam bahasa selain Arab, tentulah mereka mengatakan: "Mengapa tidak dijelaskan ayat-ayatnya?" Apakah (patut Al Quran) dalam bahasa asing sedang (rasul adalah orang) Arab? Katakanlah: "Al Quran itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang mukmin. Dan orang-orang yang tidak beriman pada telinga mereka ada sumbatan, sedang Al Quran itu suatu kegelapan bagi mereka. Mereka itu adalah (seperti) yang dipanggil dari tempat yang jauh. (QS. Fussilat: 44).

Berita Lain