Adakan Seminar Nasional, Prodi Fisioterapi Datangkan Director NMT Institue Italy: Neuromuscular Taping

Program Studi Sarjana Fisioterapi – Fakultas Ilmu Kesehatan – Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan bekerja sama dengan Neuromuscular Taping  (NMT) Institute, Italy menyelenggarakan kegiatan seminar dan mini workshop pada hari Minggu (26/01/2020) dengan tema “Neuromuscular Taping Concept as an Alternative Therapy on Neuromuscular Disorder”. Bertempat di Ruang Aula Kampus II Fakultas Ilmu Kesehatan – Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. Rektor UMPP : Dr. Nur Izzah, M.Kes. menyambut para peserta seminar dan mini worksop  dari berbagai kalangan mahasiswa, pendidik dan para praktisi di bidang fisioterapi. Beliau menambahkan bahwa kegiatan seminar dan mini workshop  ini merupakan kegiatan pertama dari beberapa seminat dan mini workshop  yang mendatangkan pembicara internasional bagi Program Studi Sarjana Fisioterapi – Fakultas Ilmu Kesehatan – Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan. Dan diharapkan dengan penyelenggaraan seminar dan mini worksop ini dapat menambahkan keilmuan untuk mahasiswa, pendidik, maupun para praktisi dalam kompetensinya dalam bidang fisioterapi, sehingga setelah acara kegiatan seminar dan mini worksop ini dapat menerapkan konsep dari materi yang disampaikan oleh pemateri pada kegiatan ini. Dan rektor pun berharap ke depan lebih banyak lagi kegiatan seperti ini dan sampai ke tingkat seminar dan worksop internasional.

 Pada pembukaan, Ketua Panitia : Syavira Nooryana, S.Fis., M.Erg juga menyampaikan peserta yang hadir terdiri dari mahasiswa, akademisi dan para praktisi fisioterapi yang tersebar dari berbagai daerah di indonesia, seperti Jawa Tengah, Jawa Barat, Kepulauan Riau, Sulawesi Tengah. Jumlah peserta yang hadir diperkirakan berjumlah 130 an peserta. Ketua panitia juga menyampaikan bahwa acara ini merupakan perwujudan / tindak lanjut dari kerjasama Program Studi Sarjana Fisioterapi – Fakultas Ilmu Kesehatan – Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan dengan Neuromuscular Taping  (NMT) Institute, Italy. Diharapkan dengan penyelenggaraan ini, dapat menambah wawasan ilmu bagi para peserta dalam ilmu ke-fisioterapi-an, dan juga sebagai modalitas ataupun metode dalam penanganan fisioterapi di masyarakat.

 Kegiatan seminar dan mini worksop dibagi menjadi tiga sesi. Pada sesi pertama, adalah materi tentang keorganisasian fisioterapi yang disampaikan oleh Eko Budi Prastyo, S.Ft., M.Or selaku Ketua Ikatan Fisioterapi Indonesia (IFI) Cabang Peklongan. Sedangkan pada sesi kedua, disampaikan oleh Dr. Umi Budi Rahayu, S.Fis.Ftr., M.Kes, selaku pihak prkatisi pengembang konsep NMT di Indonesia dan sebagai dosen Fisioterapi di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang menyampaikan tentang konsep Neuromuscular Taping (NMT) pada aplikasi nyeri. Pada sesi yang ketiga diisi oleh Mr. David L. Blow selaku founder and Director of NMT Institute, Italy, yang mengisi materi tentang tehnik dalam NMT Konsep. Syafira selaku Ketua Panitia seminar dan mini worksop mengungkapkan sangat bahagia dan antusisa kepada para peserta serta berharap dengan kegiatan tersebut dapat menambah wawasan dan kualitas mahasiswa, akademisi serta para praktisi fisioterapi. “Semoga ini menjadi pembelajaran untuk kita semua dan meningkatkan kemampuan profesionalitas kita sebagai Fisioterapis.” Ungkap Syavira saat memberikan sambutan.

Kutipan Al-Quran :

"Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berperang di jalan-Nya bershaf-shaf (bersusun, berbaris-baris) seolah mereka adalah bangunan yang tersusun kokoh." (As-Shaff : 4)

Berita Lain