WISUDA KE III UMPP

KAJEN- Sebanyak 451 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP) dari 3 (tiga) fakultas diwisuda hari ini atau Selasa (17/11).
Rektor UMPP Dr. Nur Izzah mengatakan, wisuda kali ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol covid-19 guna mencegah kluster baru. Pelaksanaan wisuda sendiri dilakukan selama 3 (tiga) hari yaitu Selasa (17/11) hingga Kamis (19/11) di kampus setempat.

“Untuk hari pertama prosesi wisuda dilakukan terhadap 160 wisudawan. Terdiri atas Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) 56 orang, S1 Farmasi 82 orang dan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (Fastikom) 22 orang,” terang beliau.
Dikatakannya, pada hari kedua atau Rabu (18/11) prosesi wisuda dilakukan terhadap D3 Keperawatan sebanyak 100 orang dan Profesi Ners sebanyak 52 orang dengan total 152 wisudawan. Sementara pada hari terakhir yakni Kamis (19/11) dilakukan wisuda terhadap 139 wisudawan. Jumlah tersebut terdiri atas S1 Keperawatan 83 orang, D3 Kebidanan 37 orang, dan S1 Fisioterapi 19 orang.

“Pelaksanaan wisuda kali ini hanya melibatkan wisudawan dan panitia serta petugas yang ditunjuk. Wisudawan datang hanya diantar, sementara orang tua menghadiri acara pelaksanaan wisuda melalui daring. Sedangkan kendaraan pengantar tidak diijinkan masuk area kampus, hanya di depan gerbang,” jelas bu rektor.
Menurut beliau, orang tua atau pengantar diharapkan segera pulang dan tidak menunggu wisudawan di sekitar kampus UMPP. Mahasiswa datang ke lokasi acara dengan memakai masker dari rumah. Saat masukpun, akan diperiksa kondisi suhu, bila suhu lebih dari 37,7?C maka diminta untuk masuk ruang isolasi, dan tidak diperkenankan mengikuti prosesi wisuda.


“Bila hasil suhu normal, masker diganti dengan masker dan face shield baru. Setelah itu wisudawan dipersilahkan masuk ke auditorium. Tempat duduk wisudawan diatur dengan jarak 1 meter. Pada saat prosesi tidak diperkenankan berkerumun untuk mengambil foto. Setelah prosesi selesai, wisudawan segera meninggalkan auditorium dengan tertib,” ungkapnya.


Prosedur kesehatan ini, sangat dijalankan dengan ketat. Auditorium sebelum dan sesudah acara juga disterilisasi oleh petugas. “Pengarahan wisudawan dan gladi kotor sudah dilakukan pada Jumat (13/11) dan gladi bersih dilakukan pada hari H pagi atau 1 jam sebelum acara dimulai,” paparnya.


Sementara itu, untuk wisudawan terbaik sendiri Fitria Isnaini dari Prodi Diploma Tiga Akuntansi dengan IPK 3.85, Ayu Tungga Dewi dari Prodi Diploma Tiga Kebidanan memiliki IPK 3.71, Nur Maziyatun Nisa dari Diploma Tiga Keperawatan IPK 3.89, Fayi Lutfiani dari Diploma Tiga Manajemen Informatika IPK 3.79, Putri Ayu Ma'alia dari Sarjana Akuntansi IPK 3.85, Dewi Aisyah dari Sarjana Ekonomi Syariah IPK 3.87, Alfa Izzatina Rahmawati dari Sarjana Farmasi IPK 3.83, Ana Maratus Sobariyah dari Sarjana Fisioterapi IPK 3.64, Anisa Afrilya Ningsih dari Sarjana Keperawatan IPK 3.84 dan Yuliani Ika Savitri dari Sarjana Manajemen IPK 3.86.


“Lainnya adalah, yakni Dwi Silviana, Dhiah Shinta Ariesanti, Intana Vita Silma Khonita, Tri Erni Wijayanti, Junior Andrian Sinaga, Hari Purnomo, Khotafiatun, Gita Tri Ayuni, Rosalis Finatika dan Siti Arifatun Khasani. Kesemuannya berasal dari Prodi Pendidikan Profesi Ners dengan IPK 4,” tandasnya.

 Ibu Rektor berharap semoga wisudawan dapat menjadi insan berilmu dan berakhlak mulia serta meniti profesi dan karir sesuai bidang masing-masing dan selalu berkarya, menjunjung tinggi nilai-nilai islam dan profesi masing-masing sehinga mampu menjadi duta-duta rahmatan lilalamin dimana saudara berkarir.

Kutipan Al-Quran :

Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS. Al-Mujadilah 11)

Berita Lain