Misi Kemanusiaan, Tim Kesehatan UMPP Berangkat ke Sulbar

PEKALONGAN, Suara Muhammadiyah – Rektor Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP), DR Nur Izzah, memberangkatkan 4 orang relawan. Mereka merupakan tim Kesehatan UMPP yang nanti akan bergabung dengan tim Muhammadiyah Disaster Management Centre (MDMC) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah yang telah berada di Sulawesi Barat untuk melaksanakan misi tanggap darurat.

“Tim diberangkatkan dibawah jalur koordinasi MDMC PP Muhammadiyah, mohon untuk bisa menjaga nama baik UMPP,” pesan Dr Nur Izzah dalam acara pemberangkatan Tim Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan, pada hari Selasa, 19 Januarii 2021, di Halaman Kampus 2 UMPP, Kedungwuni.

Hadir dalam kesempatan itu jajaran pimpinan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan diantaranya Rektor UMPP, Wakil Rektor 1, Dekan FIKES, dan hadir pula Ketua Badan Pengurus dan Badan Eksekutif Lembaga Amil Zakat Infaq Sodaqoh Muhammadiyah (LAZISMU), serta Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB – MDMC) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Pekalongan.

Dalam sambutannya, ketua LPB, Rofiansa Sulthon, mengharapkan agar tim UMPP – MDMC Pekalongan, selalu berkoordinasi dengan tim yang sudah ada di sana terlebih dahulu. Selalu mengutamakan kesehatan dan keselamatan, apalagi saat ini masih dalam kondisi pandemi dan di lokasi masih sering terjadi gempa susulan.

Tim kesehatan dari UMPP yang diberangkatkan sejumlah 4 orang, yaitu : Dafid Arifiyanto sebagai koordinator, Tri Sakti Wirotomo, M. Gilang Maulud Setyawan, dan Riza Pahlevi. Mereka berangkat menggunakan armada mobil beserta perlengkapan medis dan obat-obatan. Mereka akan berangkat melalui jalur darat menuju Surabaya kemudian menyeberang menggunakan jalur laut ke Makasar, dan selanjutnya ke lokasi bencana.

Lazismu Salurkan Bantuan 10 Juta

Dalam kesempatan pemberangkatan tim medis tersebut, Lazismu Pekalongan membuktikan komitmennya untuk mensupport Tim Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan, yakni dengan menyalurkan donasi sebesar Rp. 10 juta melalui tim tersebut guna membantu masyarakat di Mamuju.

Bantuan diserahkan Ketua Badan Pengurus Lazismu Pekalongan, Drs. H. Riyanto, kepada Perwakilan Relawan MDMC yang juga Dosen Keperawatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan , Tri Sakti Wirotomo di Halaman Kampus 2 Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan .

Lazismu Pekalongan juga mengajak para dermawan, orang baik dan berhati mulia untuk bergerak cepat membantu donasi kepada tim tersebut agar bisa bergerak lebih efektif di lapangan. (hendra/riz)

Kutipan Al-Quran :

Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS. Al-Mujadilah 11)

Berita Lain