Visi, Misi dan Tujuan
VISI
"Menjadi Universitas yang Unggul dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta Berdaya Saing Intemasional BcrdasarkanNilai - Nilai Islam pada Tahun 2044"
MISI
Berdasarkan rumusan Visi tersebut di atas, maka dirumuskan Misi UMPP sebagai berikut:
- Menyelenggarkan pembinaaandan pengembangan Iman dan Taqwa berdasarkan Al Islam dan Kemuhammadiyahan.
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran berdasarkan standar keilmuan nasional dan intemasionalterkini yang terintegrasi dengan nilai-nilai.
- Mengembangkanpenelitian berdasarkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Melaksanakan pengabdian masyarakat sesuai perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan kearifan lokal.
TUJUAN
Tujuan umum Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan adalah “Tercapainya 4 bidang di dalam Catur dharma” yang dijabarkan lebih detail dalam beberapa Tujuan khusus seperti dibawah ini.
Tujuan Khusus
1. Terbentuknya lulusan yang berakhlakul karimah dan mampu mengembangkan keilmuan berdasarkan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Indikatornya adalah :
- Terwujudnya kurikulum pendidikan yang terintegrasi dengan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) di seluruh program studi di Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan.
- Terselenggaranya proses kegiatan belajar yang bernuansa Islami berbasis nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) di lingkungan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan.
- Peningkatan nilai lulusan pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor sesuai dengan kompetensi, Al Islam dan Kemuhammadiyahan.
- Terselenggaranya kegiatan Dakwah amar ma’ruf nahi munkar.
- Terwujudnya kerjasama dengan pihak-pihak eksternal dalam kegiatan pembinaan iman dan taqwa.
- Terwujudnya kerjasama dengan pihak-pihak eksternal dalam kegiatan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.
2. Meningkatkan kualitas proses pendidikan dan pengajaran. Indikatornya adalah :
- Meningkatnya kualitas input mahasiswa dengan keketatan 1: 3.
- Terwujudnya kurikulum berbasis luaran (outcome) untuk seluruh program studi.
- Terwujudnya proses pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
- Tercapainya lulusan yang memiliki kompetensi utama didukung dengan kemampuan teknologi informasi, bahasa asing dan berakhlaqul karimah.
- Mewujudkan akreditasi unggul seluruh program studi.
- Menghasilkan tata kelola perguruan tinggi yang baik (good university goverment)
- Terwujudnya suasana akademis yang baik dalam mendukung proses pembelajaran.
- Terfasilitasinya kegiatan aktualisasi diri mahasiswa dalam mengembangkan soft skill dan kompetensi.
- Terwujudnya kegiatan pembekalan dan peningkatan kualitas lulusan.
- Terwujudnya kerjasama dengan pihak-pihak eksternal di tingkat Nasional maupun Internasional dalam kegiatan pendidikan dan pengajaran
3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian. Indikatornya adalah :
- Dihasilkannya tema-tema penelitian yang aktual dan strategis dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi di masing-masing fakultas, yang menjadi pedoman kegiatan penelitian bagi dosen dan mahasiswa.
- Dihasilkannya penelitian yang berkualitas tinggi, yang menjadi rujukan pada taraf nasional dan internasional.
- Diperolehnya HaKI dan hak paten serta terpasarkannya hasil-hasil penelitian.
- Terpublikasinya hasil-hasil penelitian dalam berbagai media cetak, elektronik, atau virtual.
- Terwujudnya kerjasama dengan pihak-pihak eksternal di tingkat Nasional maupun Internasional dalam kegiatan penelitian.
4. Meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan pengabdian masyarakat. Indikatornya adalah :
- Teridentifikasi dan tersusunnya skala prioritas persoalan-persoalan yang dihadapi oleh masyarakat.
- Meningkatnya jumlah dosen yang kepakarannya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.
- Terselenggaranya kerjasama kegiatan PKM bersama mitra dalam rangka memenuhi kebutuhan dan menjawab persoalan yang dihadapi masyarakat.
- Terwujudnya kerjasama dengan pihak-pihak eksternal di tingkat Nasional maupun Internasional dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.