Persiapan Pembukaan dan Sosialisasi Kosabangsa UMPP 2024 : Merajut Asa, Membangun Desa

Friday, 11 October 2024

Oleh LPPM

Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP)

Pekalongan, 11 Oktober 2024 – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP) melakukan persiapan kegiatan Pembukaan dan Sosialisasi Kosabangsa dengan tema “Pemberdayaan Kelompok Tani Melalui Produk Minuman dan Sabun Kesehatan Berbahan Dasar Kopi, Daun Cengkeh, dan Kapulaga”. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat melalui pengembangan produk unggulan berbasis potensi lokal. Kosabangsa merupakan program pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat melalui kegiatan pengabdian masyarakat.

Kegiatan persiapan Pembukaan dan sosialisasi Kosabangsa yang dilaksanakan pada tanggal 11 Oktober 2024 ini dipimpin langsung oleh Kepala LPPM UMPP, Ibu Nuniek Nizmah Fajriyah, S.Kp., M.Kep. beserta dengan Tim pelaksana dengan Alfa Yuliana Dewi, S.Kom., M.Kom dengan anggota tim pelaksana terdiri dari para akademisi UMPP yang berkompeten di bidangnya, yaitu Apt. Urmatul Waznah, S.Si., M.Farm, Achmad Vandian Nur, S.Pd., M.Sc, dan Firman Faradisi, S.Kep.Ns.MNS. Selain itu, kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa dari berbagai program studi sebagai tenaga pendamping.

Kegiatan persiapan Pembukaan dan Sosialisasi Kosabangsa ini melakukan antara lain koordinasi dengan Mitra Kelompok Tani “Tani Maju” dan Mitra Tim Penggerak PKK Desa Bantarkulon. Koordinasi yang dilakukan meliputi cek Lokasi kegiatan bertempat di Balai Desa Bantarkulon, cek rencana lokasi penempatan Teknologi dan Mesin yang akan diintervensikan dan cek rencana Lokasi Pembangunan Dome Pengering Komoditas Panen Kopi, Kapulaga dan Cengkeh. Pembangunan Dome melibatkan Dosen, Laboran dan mahasiswa dari Program Studi Sarjana Teknik Mesin dan Program Studi Diploma Tiga Teknik Elektronika Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer UMPP antara lain Bapak Imam Prasetyo, S.Pd., M.T, Bapak R Ir Ghoni Musyahar, S.T., M.T., Bapak R Kurniawan Dwi Septiady, S.E., M.M., Khibatul Haqi

Adapun Kegiatan Pembukaan dan Sosialisasi Kosabangsa ini akan dilaksanakan pada esok hari yaitu Hari Sabtu tanggal 12 Oktober 2024 bertempat di Balaidesa Bantarkulon yang rencananya akan dihadiri oleh segenap Pimpinan UMPP serta Dekan dari Fakultas di lingkungan UMPP. Kegiatan esok juga rencananya mengundang Tim Pendamping yaitu dari Universitas Muhammadiyah Surakarta dengan Ketua Tim Pendamping Prof Kun Harismah, Ph.D dan anggota ibu Aflit Nuryulia, S.E., M.M, dan Bapak Aan Sofyan, S.Pt., M.Pd. Mengundang pula Perangkat Desa Bantarkulon, Camat Kecamatan Lebakbarang, mengundang perwakilan dari Bapperida Kabupaten Pekalongan. Perwakilan dari Bank BI Tegal juga berencana akan hadir esok hari untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Segenap Tim Pelaksana dan Mitra berdoa semoga kegiatan Pembukaan dan Sosialisasi Kosabangsa esok hari dapat berjalan dengan lancar dan mendapat Ridho dari Allah SWT.