DIPLOMA TIGA KEPERAWATAN

Visi Program studi

Menjadi program studi Diploma Tiga Keperawatan yang unggul dalam keperawatan diabetes millitus di tingkat nasional berdasarkan nilai-nilai Islam pada tahun 2029

 Misi program studi

  1. Menyelenggarakan pembinaan keimanan dan ketaqwaan berdasarkan Al Islam dan Kemuhammadiyahan
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bidang keperawatan dengan keunggulan keperawatan diabetes millitus berdasarkan standar keilmuan nasional dan internasional terkini yang terintegrasi dengan nilai-nilai Islami
  3. Meningkatkan dan mengembangkan penelitian bidang kesehatan terutama dalam bidang keperawatan diabetes mellitus
  4. Meningkatkan dan mengembangkan pengabdian masyarakat dalam bidang kesehatan terutama bidang keperawatan diabetes millitus berdasarkan hasil penelitian, perkembangan IPTEK dan tanggung jawab sosial.

 Kompetensi lulusan

Penyelenggaraan pendidikan berbasis teknologi informasi, mengakomodasi perkembangan IPTEK dan Evidance Based practice (EBP) dengan mengedapankan keaktifan mahasiswa. Penyelenggaraan pendidikan didesign untuk memenuhi kompetensi mahasiswa pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor yang mendukung praktik keperawatan sebagai pemberi asuhan keperawatan langsung kepada pasien, edukator, pengelola asuhan keerawatan dan peneliti. Untuk memenuhi kompetensi tersebut, pembelajaran mencakup teori, praktikum, dan praktik klinik keperawatan di tatanan nyata sesuai kurikulum nasional dan Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT).

Pembelajaran didukung oleh staf pengajar yang profesional, berkualitas dan berpengalaman. Staf pengajar berlatar belakang pendidikan minimal magister dari dalam dan luar negeri dengan tambahan pendidikan informal (pelatihan, seminar,workshop, dan kegiatan ilmiah lainnya) sesuai bidang keahliannya. Kualitas staf  pengajar prodi juga sangat kompetitif, dibuktikan dengan pencapaian dosen dalam mendapatkan hibah penelitian dan pengabdian masyarakat di tingkat nasional maupun lokal.

Pembelajaran juga didukung dengan adanya sarana prasara yang memadai seperti adanya laboratorium keperawatan laboratorium Al Islam dan Kemuhammadiyahan, laboratorium bahasa, laboratorium komputer, perpustakaan, ruang kemahasiswaan, sarana olah raga dan ruang kelas yang representatif.

Wadah organisasi mahasiswa di tingkat Universitas berupa  Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM),di tingkat prodi berupa Himpunan Mahasiswa Jurusan Diploma Tiga Keperawatan (Himdeka). Mahasiswa juga difasilitasi untuk mengikuti kegiatan kemahasiswaan di tingkat lokal, regional, nasional dan internasional.

Monitoring dan evaluasi pendidikan dilakukan secara berkesinambungan untuk menjaga kualitas pendidikan.

Lulusan program studi juga  dibekali dengan pelatihan kegawatdaruratan (BTCLS) dan keunggulam dalam bidang perawatan diabetes melitus berdasarkan nilai-nilai Islami.

 Prospek lulusan

Serapan lulusan diberbagai layanan kesehatan seperti rumah sakit umum, rumah sakit jiwa, rumah sakit ibu dan anak, puskesmas, panti rehabilitasi sosial, praktik mandiri, dan tempat pelayanan kesehatan lainnya di dalam maupun luar negeri. Rata-rata masa tunggu lulusan dalam memperoleh pekerjaan kurang dari 3 bulan.

Kutipan Al-Quran :

Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah (12). Kemudian Kami menjadikannya air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim)(13). Kemudian, air mani itu Kami jadikan sesuatu yang melekat, lalu sesuatu yang melekat itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian, Kami menjadikannya makhluk yang (berbentuk) lain. Mahasuci Allah, Pencipta yang paling baik (14). (QS. Al-Mu’minun : 12 – 14)